Home / REVIEW / Ingin Wisata Kuliner yang Menyehatkan, Mengapa tidak?

Ingin Wisata Kuliner yang Menyehatkan, Mengapa tidak?

Wisata Kuliner dan Makanan yang Sehat

Wisata kuliner merupakan kegiatan yang banyak orang sukai, termasuk saya dan anda. Tetapi apa sebenarnya wisata kuliner itu? Wisata kuliner atau yang juga memiliki nama lain wisata gastronomi merupakan kegiatan mengeksplorasi suatu makanan atau tempat makan itu sendiri sebagai salah satu destinasi wisata. Dengan kata lain anda berwisata untuk makan. Jika wisata biasanya berfokus pada mengunjungi suatu tempat dan mengesampingkan kegiatan makan menjadi tujuan kedua, maka wisata kuliner sebaliknya. Wisata kuliner berarti anda mengunjungi suatu tempat untuk mencoba makanan tertentu, tentu saja kegiatan lain merupakan kegiatan sampingan. Singkatnya, wisata kuliner merupakan kegiatan yang berfokus pada memanjakan indera pengecap anda.

Wisata kuliner seringkali mengabaikan suatu hal yang penting, yaitu kesehatan. Orang yang sering melakukan wisata kuliner mungkin sudah waspada dengan kesehatan karena mereka berjibaku dengan makanan. Tetapi bagaimana dengan orang yang awam dalam baik makanan maupun kesehatan? Banyak orang menganggap bahwa dengan melakukan wisata kuliner berarti anda bisa makan apapun sepuas anda tanpa memerhatikan dan memedulikan apapun. Di sinilah kebanyakan orang mengalami miskonsepsi. Melakukan wisata kuliner bukan berarti anda bebas makan apapun tanpa mengenal batasan dan tidak memedulikan kesehatan. Justru sebaliknya, ketika melakukan wisata kuliner anda harus memerhatikan kesehatan anda dan menaruhnya di prioritas utama sebelum makanan.

Wisata Kuliner yang Menyehatkan

Jika anda sudah mulai waspada dan peduli terhadap kesehatan anda, anda harus mulai mengurangi wisata kuliner yang tidak sehat. Mengurangi bukan sepenuhnya menghilangkan, melainkan hanya menghilangkan sebagian dari total yang ada. Sebagai contoh jika anda biasanya melakukan wisata kuliner untuk mencoba makanan cepat saji di daerah tertentu, sekarang cobalah untuk mencoba salad khas daerah itu juga. Tetapi bukan berarti anda menghilangkan makanan cepat saji di dalm daftar makanan anda. Anda hanya sedikit mengurangi porsinya. Tetapi tetap saja akan lebih baik jika anda bisa menghindarinya.

Di seluruh penjuru dunia ini sudah banyak tempat makan dan restoran yang memerhatikan kesehatan konsumennya. Bahkan seringkali mereka hanya menyediakan menu yang benar-benar sehat pada waktu tertentu. Banyak restoran juga menyediakan makanan sehat yang tidak kalah enak dengan makanan cepat saji.

Restoran Sehat di Berbagai Penjuru Dunia

Seperti yang saya tulis tadi, banyak restoran yang peduli dengan keadaan konsumennya. Mereka memang mencari keuntungan, tetapi bukan berarti mereka merugikan orang lain untuk hal tersebut. Berikut adalah daftar restoran paling sehat di penjuru dunia menurut saya:

  • Celicioso

Restoran ini terletak di Hotel Nobu, Ibiza, Spanyol. Restoran ini memiliki banyak menu yang fokus dengan serat daripada karbohidrat. Banyak makanan yang tersedia di sini yang mengandung protein daripada lemak dan karbohidrat. Ditambah lagi, restoran ini juga ramah untuk vegan. Bahkan hampir tidak ada menunya yang menggunakan komponen hewani. Jika anda merupakan vegan dan juga penikmat wisata kuliner, anda harus mencoba untuk makan di sini setidaknya sekali  seumur hidup.

  • Selene Restaurant

Selene Restaurant terletak di Santorini, Yunani. Di sini anda bisa menemukan berbagai macam makanan tradisional khas Yunani dan bahkan makanan khas negara lain yang berada di sekitar Yunani. Yang membedakan ini dari tempat makan yang biasanya mudah anda temui adalah kualitas bahan dan metode memasaknya. Di sini koki akan memasak makanan anda menggunakan bahan yang terbaik dan menggunakan metode yang tidak menggunakan minyak goreng nabati sama sekali. Karena itu restoran ini khas dengan makanan yang rendah kolesterol.

  • Urban Shaman

Urban Shaman merupakan restoran yang terkenal di Israel. Restoran ini bertempat  di Tel Aviv dan namanya sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia. Restoran ini terkenal karena mereka menyajikan makanan tradisional khas Israel tetapi versi vegan. Dengan kata lain anda akan bisa menikmati makanan khas Israel tanpa bahan hewani apapun.

Akhir Kata

Wisata kuliner memang kegiatan yang menyenangkan, tetapi bukan berarti anda mengabaikan kesehatan anda. Daftar restoran yang saya sarankan di atas pasti akan membuat anda berwisata kuliner tanpa khawatir akan makanan yang tidak sehat.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our newsletter